Disusun
oleh
Tiara
Saras Yuliana – 602012004
Valiany
Sahara – 602012006
Maria
Zen Budiati – 602012009
PUBLIC
RELATIONS
FAKULTAS
TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS
KRISTEN SATYA WACANA
2013
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Seiring arus
globalisasi dengan tuntutan kebutuhan pertukaran informasi yang cepat membuat
peranan teknologi komunikasi menjadi sangat penting. Teknologi komunikasi dalam
wujud ponsel merupakan fenomena yang paling unik dan menarik dalam
penggunaannya.
Menurut Budyatna
(2005) munculnya penggunaan ponsel dapat mempengaruhi proses yang bersifat
transaksional tersebut. Seringkali komunikasi yang dinamis dan timbal balik
dirasakan menurun pada interaksi tatap muka.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat
penggunaan ponsel pada mahasiswa ataupun remaja saat ini, menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penggunaan ponsel yang dilihat dari
tingkat konsumtifitas dalam banyaknya
pengeluaran pulsa yang digunakan untuk berbagai keperluan gadget bagi Mahasiswa
Penelitian dilakukan di Universitas Kristen Satya Wacana, Fakultas Teknologi
Informasi. Pengambilan sampel penelitian ditentukan dengan sengaja (purposive)
secara accidental sampling.
B.
Tujuan :
1. Untuk
mengetahui seberapa konsumtif mahasiswa yang dilihat dari penggunaan pulsa itu
sendiri.
2. Mencari
tahu untuk keperluan apa saja pulsa itu digunakan.
3. Untuk
mencari pengeluaran pulsa sebanding denganfasilitas yang didapatkan.
C.
Asumsi:
1.
Kebutuhan akan
komunikasi saat ini sangat besar, saat ini hampir semua komunikasi dilakukan
menggunakan seluler.misalnya BBM (blackberry massanger), aplikasi chat (Line,
Whats Up, KakaoTalk) , sosial media, dll.
2. Gaya
hidup mahasiswa saat ini tidak bisa jauh dari penggunaan telepon seluler,
hampir setiap saat mereka selalu menggunakannya dimanapun dan kapanpun. Hal ini
disebabkan oleh perkembangan teknologi yang didominasi oleh pesatnya arus
informasi yang serba cepat dan instant.
3. Berbagai
promosi yang ditawarkan oleh banyaknya provider mempengaruhi jumlah minimal
pemakain pulsa. Misalnya telkomsel yang saat ini menawarkan paket bulan
Ramadhan dengan isi pulsa minimal Rp
10.000 mendapatkan bonus internet 5mb dalam sehari berlaku setiap kelipatan pengisian
pulsa.
4. Pengaruh
biaya penggunaan pulsa terhadap kebutuhan sehari-hari. Pemenuhan akan
ketersediaan pulsa sering mengalahkan kebutuhan primer. Ada saja kebutuhan
pimer yang dikorbakan hanya untukmemenuhikebutuhanpulsa.
D.
Ruang Lingkup
40 Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Kristen Satya Wacana (17-25 tahun) secara acak. Terdiri dari 20
orang laki-laki dan 20 orang perempuanangkatantahun 2009-2012.
E.
Hipotesis
1. Tingkat konsumtif lebih banyak pada pengguna smartphone
(Blackberry dan Android).
2. Penggunaan pulsa terbanyak adalah untuk SMS.
3. Fasilitas yang diberikan provider berupa kuota paket SMS.
BAB
II
ISI
A.
Pertanyaan Penelitian
1. Tingkat
konsumtif mahasiswa FTI terhadap penggunaan pulsa.
2. Kecenderungan
pengeluaran uang saku.
3. Jenis
konten yang paling banyak digunakanolehmahasiswa FTI.
B.
Variabel Penelitian
1. Variabel
bebas : Jumlah nominal pulsa
dalam sebulan
2. Variabel
terikat : Jumlah uang saku dalam
sebulan
3. Variabel
pengganggu : Jenis konten yang
digunakanuntukpulsa
C.
Sumber Data
Data
primer diperoleh dari responden (mahasiswa FTI 2009-2012) melalui pengisian kuisioner.
D.
Metode Pengumpulan Data
Data
penelitian yang diperoleh melalui kuesioner.
BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN
A.
Deskripsi Data
Penelitian
menggunakan alat kuisioner yang dibagikan secara acak kepada 40 orang mahasiswa
FTI UKSW dari angkatan 2009-2012 dengan jarak usia 17-25 tahun, yang terdiri
dari 20 mahasiswa laki-laki dan 20 mahasiswa perempuan.
Untuk mengetahui deskripsi masing-masing
aspek, maka dilakukan pengelompokkan menjadi 3 kategori yaitu tinggi, sedang
dan rendah.
Tabel 1
Hasil Deskripsi Jumlah Pengeluaran Pulsa Mahasiswa FTI Selama
Sebulan
Variabel
|
Kategori
|
Skor
|
Jumlah
|
Akumulasi pengeluaran pulsa mahasiswa
FTI selama sebulan
|
Tinggi
|
<20
|
22
|
Sedang
|
20-40
|
12
|
|
Rendah
|
>40
|
6
|
|
Total
|
40
|
B.
UjiHipotesis
Dalamujihipotesisproporsipopulasisebagaiberikut
:
A. B. C.
Data
PengeluaranUangdari 40 orang mahasiswadalam 1 (satu)bulan
Rata-rata
Uang Saku Mahasiswa
|
JmlMhsw
|
%
|
100-200
|
6
|
15,0%
|
200-300
|
3
|
7,5%
|
300-400
|
5
|
12,5%
|
400-500
|
8
|
20,0%
|
>500
|
18
|
45,0%
|
Total
|
40
|
100,0%
|
Pengeluaran
pulsa untuk sebulan
|
JmlMhsw
|
%
|
<10
|
1
|
2,5%
|
10-20
|
5
|
12,5%
|
20-30
|
6
|
15,0%
|
30-40
|
6
|
15,0%
|
40-50
|
5
|
12,5%
|
>50
|
17
|
42,5%
|
Total
|
40
|
100,0%
|
Konten
|
JmlMhsw
|
%
|
Sms
|
16
|
40,0%
|
Telepon
|
10
|
25,0%
|
Internet
|
12
|
30,0%
|
Lain-lain
|
2
|
5,0%
|
Total
|
40
|
100,0%
|
Freq.
pembeli pulsa dalam sebulan
|
JmlMhsw
|
%
|
1-2
|
10
|
25,0%
|
3-4
|
18
|
45,0%
|
5-6
|
9
|
22,5%
|
>6
|
3
|
7,5%
|
Total
|
40
|
100,0%
|
Nominal
yang seringdibeli
|
JmlMhsw
|
%
|
5-10
|
18
|
45,0%
|
15-20
|
6
|
15,0%
|
25-50
|
12
|
30,0%
|
50>
|
4
|
10,0%
|
Total
|
40
|
100,0%
|
Ø 45% untukmahasiswa yang
memilikiuangsakulebihdariRp. 500,000,-
Ø 42.5% mahasiswa yang
membelipulsalebihdariRp. 50,000,-
Ø 40% rata-rata mahasiswauntuk
SMS
Ø 45% mahasiswa yang membelipulsa
3~4 kali dalamsebulan
Ø 42.5% mahasiswamembelipulsadengan
nominal Rp. 5,000 ~ 10,000,-
Tabel 1
DalamJumlahMahasiswa
Tabel2
DalamPersentase
BAB IV
PENUTUP
Kesimpulan
Penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif yang mengkaji hubungan dan pengaruh antara
variabel bebas yaitu jumlah nominal pulsa dalam sebulan dengan variabel terikat
yaitu jumlah uang saku dalam sebulan.
Setelah diadakan
pengolahan data kuisioner beserta pembahasannya, maka diperoleh kesimpulan
sebagai berikut.Jadi, dari hasil penelitian diperoleh bahwa mahasiswa FTI yang
mendapat uang saku lebih dari Rp 500.000,00 akan menggunakan uangnya untuk
membeli pulsa dengan nominal 5 ribu – 10 ribu dari 3- 4 kali pembelian yang
digunakan dalam konten SMS. Sehingga pengeluaran pulsa dalam sebulan dapat
mencapai lebih dari Rp 50.000,00
LAMPIRAN
Daftar kuisioner
Jenis Kelamin : L/P
Umur :
1. Berapa jumlah uang
saku Anda selama sebulan?
100
ribu - 200 ribu
Lebih
dari 200 ribu - 300 ribu
Lebih
dari 300 ribu - 400 ribu
Lebih
dari 400 ribu - 500 ribu
Lebih
dari 500 ribu
2. Berapa jumlah
pengeluaran pulsa untuk sebulan?
Kurang
dari 10 ribu
10
ribu – 20 ribu
Lebih
dari 20 ribu – 30 ribu
Lebih
dari 30 ribu – 40 ribu
Lebih
dari 40 ribu – 50 ribu
Lebih
dari 50 ribu
3. Rata-rata jenis
pengeluaran pulsa yang paling banyak untuk konten
SMS
Telpon
Internet
4. Dalam sebulan
rata-rata berapa kali membeli pulsa?
1-2
kali
3-4
kali
5-6
kali
Lebih
dari 6 kali
5. Berapa jumlah nominal
pulsa yang sering dibeli?
5
ribu – 10 ribu
15
ribu – 20 ribu
25
ribu – 50 ribu
Lebih
dari 50 ribu