25 Januari 2014

Tugas Akhir Statistika for PR : Besar Kebutuhan Pulsa Mahasiswa FTI Dalam Sebulan


Statistika
Besar Kebutuhan Pulsa Mahasiswa FTI Dalam Sebulan




Disusun oleh
Tiara Saras Yuliana – 602012004
Valiany Sahara – 602012006
Maria Zen Budiati – 602012009

PUBLIC RELATIONS
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
2013



BAB I
PENDAHULUAN
A.                Latar belakang
Seiring arus globalisasi dengan tuntutan kebutuhan pertukaran informasi yang cepat membuat peranan teknologi komunikasi menjadi sangat penting. Teknologi komunikasi dalam wujud ponsel merupakan fenomena yang paling unik dan menarik dalam penggunaannya.
Menurut Budyatna (2005) munculnya penggunaan ponsel dapat mempengaruhi proses yang bersifat transaksional tersebut. Seringkali komunikasi yang dinamis dan timbal balik dirasakan menurun pada interaksi tatap muka.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat penggunaan ponsel pada mahasiswa ataupun remaja saat ini, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penggunaan ponsel yang dilihat dari tingkat konsumtifitas dalam  banyaknya pengeluaran pulsa yang digunakan untuk berbagai keperluan gadget bagi Mahasiswa Penelitian dilakukan di Universitas Kristen Satya Wacana, Fakultas Teknologi Informasi. Pengambilan sampel penelitian ditentukan dengan sengaja (purposive) secara accidental sampling.

B.            Tujuan :
1.      Untuk mengetahui seberapa konsumtif mahasiswa yang dilihat dari penggunaan pulsa itu sendiri.
2.      Mencari tahu untuk keperluan apa saja pulsa itu digunakan.
3.      Untuk mencari pengeluaran pulsa sebanding denganfasilitas yang didapatkan.

C.                 Asumsi:
1.      Kebutuhan akan komunikasi saat ini sangat besar, saat ini hampir semua komunikasi dilakukan menggunakan seluler.misalnya BBM (blackberry massanger), aplikasi chat (Line, Whats Up, KakaoTalk) , sosial media, dll.
2.      Gaya hidup mahasiswa saat ini tidak bisa jauh dari penggunaan telepon seluler, hampir setiap saat mereka selalu menggunakannya dimanapun dan kapanpun. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi yang didominasi oleh pesatnya arus informasi yang serba cepat dan instant.
3.      Berbagai promosi yang ditawarkan oleh banyaknya provider mempengaruhi jumlah minimal pemakain pulsa. Misalnya telkomsel yang saat ini menawarkan paket bulan Ramadhan  dengan isi pulsa minimal Rp 10.000 mendapatkan bonus internet 5mb dalam sehari berlaku setiap kelipatan pengisian pulsa.
4.      Pengaruh biaya penggunaan pulsa terhadap kebutuhan sehari-hari. Pemenuhan akan ketersediaan pulsa sering mengalahkan kebutuhan primer. Ada saja kebutuhan pimer yang dikorbakan hanya untukmemenuhikebutuhanpulsa.

D.                Ruang Lingkup
40 Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana (17-25 tahun) secara acak. Terdiri dari 20 orang laki-laki dan 20 orang perempuanangkatantahun 2009-2012.

E.                 Hipotesis
1.      Tingkat konsumtif lebih banyak pada pengguna smartphone (Blackberry dan Android).
2.      Penggunaan pulsa terbanyak adalah untuk SMS.
3.      Fasilitas yang diberikan provider berupa kuota paket SMS.




BAB II
ISI
A.                Pertanyaan Penelitian
1.      Tingkat konsumtif mahasiswa FTI terhadap penggunaan pulsa.
2.      Kecenderungan pengeluaran uang saku.
3.      Jenis konten yang paling banyak digunakanolehmahasiswa FTI.

B.                 Variabel Penelitian
1.      Variabel bebas             : Jumlah nominal pulsa dalam sebulan
2.      Variabel terikat           : Jumlah uang saku dalam sebulan
3.      Variabel pengganggu  : Jenis konten yang digunakanuntukpulsa

C.                 Sumber Data
Data primer diperoleh dari responden (mahasiswa FTI 2009-2012) melalui pengisian kuisioner.

D.                Metode Pengumpulan Data
Data penelitian yang diperoleh melalui kuesioner.




BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN

A.                Deskripsi Data
Penelitian menggunakan alat kuisioner yang dibagikan secara acak kepada 40 orang mahasiswa FTI UKSW dari angkatan 2009-2012 dengan jarak usia 17-25 tahun, yang terdiri dari 20 mahasiswa laki-laki dan 20 mahasiswa perempuan.
Untuk mengetahui deskripsi masing-masing aspek, maka dilakukan pengelompokkan menjadi 3 kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah.
Tabel 1
Hasil Deskripsi Jumlah Pengeluaran Pulsa Mahasiswa FTI Selama Sebulan
Variabel
Kategori
Skor
Jumlah
Akumulasi pengeluaran pulsa mahasiswa FTI selama sebulan
Tinggi
<20
22
Sedang
20-40
12
Rendah
>40
6
Total
40

B.                 UjiHipotesis
Dalamujihipotesisproporsipopulasisebagaiberikut :
A.                        B.                   C.





Data PengeluaranUangdari 40 orang mahasiswadalam 1 (satu)bulan
Rata-rata Uang Saku Mahasiswa
JmlMhsw
%
100-200
6
15,0%
200-300
3
7,5%
300-400
5
12,5%
400-500
8
20,0%
>500
18
45,0%
Total
40
100,0%

Pengeluaran pulsa untuk sebulan
JmlMhsw
%
<10
1
2,5%
10-20
5
12,5%
20-30
6
15,0%
30-40
6
15,0%
40-50
5
12,5%
>50
17
42,5%
Total
40
100,0%

Konten
JmlMhsw
%
Sms
16
40,0%
Telepon
10
25,0%
Internet
12
30,0%
Lain-lain
2
5,0%
Total
40
100,0%

Freq. pembeli pulsa dalam sebulan
JmlMhsw
%
1-2
10
25,0%
3-4
18
45,0%
5-6
9
22,5%
>6
3
7,5%
Total
40
100,0%

Nominal yang seringdibeli
JmlMhsw
%
5-10
18
45,0%
15-20
6
15,0%
25-50
12
30,0%
50>
4
10,0%
Total
40
100,0%

HipotesisDeskriptif
Ø  45%     untukmahasiswa yang memilikiuangsakulebihdariRp. 500,000,-
Ø  42.5%  mahasiswa yang membelipulsalebihdariRp. 50,000,-
Ø  40%     rata-rata mahasiswauntuk SMS
Ø  45%     mahasiswa yang membelipulsa 3~4 kali dalamsebulan
Ø  42.5%  mahasiswamembelipulsadengan nominal Rp. 5,000 ~ 10,000,-

Tabel 1
DalamJumlahMahasiswa
Tabel2
DalamPersentase
BAB IV
PENUTUP
Kesimpulan
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang mengkaji hubungan dan pengaruh antara variabel bebas yaitu jumlah nominal pulsa dalam sebulan dengan variabel terikat yaitu jumlah uang saku dalam sebulan.
Setelah diadakan pengolahan data kuisioner beserta pembahasannya, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut.Jadi, dari hasil penelitian diperoleh bahwa mahasiswa FTI yang mendapat uang saku lebih dari Rp 500.000,00 akan menggunakan uangnya untuk membeli pulsa dengan nominal 5 ribu – 10 ribu dari 3- 4 kali pembelian yang digunakan dalam konten SMS. Sehingga pengeluaran pulsa dalam sebulan dapat mencapai lebih dari Rp 50.000,00




LAMPIRAN
Daftar kuisioner
Jenis Kelamin  : L/P
Umur               :
1.    Berapa jumlah uang saku Anda selama sebulan?
      100 ribu - 200 ribu
      Lebih dari 200 ribu - 300 ribu
      Lebih dari 300 ribu - 400 ribu
      Lebih dari 400 ribu - 500 ribu
      Lebih dari 500 ribu
2.    Berapa jumlah pengeluaran pulsa untuk sebulan?
      Kurang dari 10 ribu
      10 ribu – 20 ribu
      Lebih dari 20 ribu – 30 ribu
      Lebih dari 30 ribu – 40 ribu
      Lebih dari 40 ribu – 50 ribu
      Lebih dari 50 ribu
3.    Rata-rata jenis pengeluaran pulsa yang paling banyak untuk konten
      SMS
      Telpon
      Internet
4.    Dalam sebulan rata-rata berapa kali membeli pulsa?
      1-2 kali
      3-4 kali
      5-6 kali
      Lebih dari 6 kali
5.    Berapa jumlah nominal pulsa yang sering dibeli?
      5 ribu – 10 ribu
      15 ribu – 20 ribu
      25 ribu – 50 ribu
      Lebih dari 50 ribu



 

Zen Copyright © 2015 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos