25 Januari 2014

Komunikasi Organisasi

Maria Zen Budiati – 602012009
Metafora organisasi menurut Gareth Morgan :
      1.            Organization as Machine
Sebagai birokrasi dalam organisasi. Organisasi berjalan sesuai birokrasi yang ada. Tujuan dari birokrasi adalah tercapainya tujuan organisasi yang berjalan teratur.
      2.            Organization as Organism
Organisasi dipandang sebagai sesuatu yang hidup dan berkembang dalam pengaruh lingkungan sekitar.
      3.            Organization as Brain
Sebagai sistem informasi, sistem komunikasi dan juga pengambilan keputusan seperti kinerja otak.
      4.            Organization as Culture
Sesuatu kebiasaan yang diharapkan memiliki sistem nilai sendiri. Kebiasaan disetiap organisasi berbeda-beda sehingga nilai yang dipegang antara mana yang boleh dan mana yang tidak pun berbeda. Oleh sebab itu ketika karyawan baru direkrut pada suatu perusahaan maka perlu training untuk mengenal segala tugas dan budaya yang terkandung didalamnya.
      5.            Organization as Political System
Organisasi memiliki tujuan, sedangkan individu dan kelompok memiliki tujuan, dengan demikian di dalam organisasi sarat dengan kepentingan-kepentingan. Kepentingan tersebut dikontrol melalui adanya kekuasaan.
      6.            Organization as Psychic Prisons
Penjara spiritual atau apa yang harus dilakukan. Organisasi dengan berbagai atributnya terjadang bisa menjadi penghambat kreativitas atau imajinasi para anggotanya. Hal tersebut, sebagai akibat dari adanya arahan baik secara sadar maupuntidak sadar bahwa anggota organisasi harus mengikuti aturan main dan kebiasaan (budaya) dalam organisasi.
      7.            Organization as Flux and Transformation
Organisasi sebagai sesuatu yang mengalami perubahan terus menerus dan melakukan transformasi. Dengan demikian organisasi selalu memerlukan perpektif yang baru dalam sistem organisasi dan harus menangani masalah manejemen dengan cepat.
      8.            Organization as Instrument of Domination
Dalam menjalankan roda organisasi diperlukan kekuasaan yang bersifat mendominasi sehingga dengan kekuasaan itu fungsi perintah (command) bisa berjalan dengan baik.

Contoh metafora organisasi sebagai sistem politik adalah partai politik.
Partai politik adalah sekelompok anggota yang terorganisir secara rapi dan stabil yang dipersatukan dan dimotivasi dengan ideologi tertentu dan yang berusaha mencari dan mempertahankan kekuasaan dalam pemerintahan melalui pemilihan umum dan cara-cara lain yang sah guna melaksanakan alternative kebijakan umum yang mereka susun, sebagai hasil dari pemaduan berbagai kepentingan yang hidup dalam masyarakat.
Sistem kepartaian merupakan suatu mekanisme interaksi antar partai politik dalam sebuah sistem politik yang berjalan. Maksudnya, karena tujuan utama dari partai politik adalah mencari dan mempertahankan kekuasaan guna mewujudkan program-program disusun berdasarkan ideologi tertentu, maka untuk merelisasikan program-program tersebut partai-partai politik yang ada berinteraksi satu dengan yang lainnya dalam suatu sistem kepartaian.
Partai politik berfungsi sebagai alat bagi beberapa orang yang berhasil memenangkan suara rakyat yang mudah dikelabui, untuk memaksakan berlakunya kebijakan-kebijakan publik tertentu ‘at the expense of the general will’ (Rousseau, 1762) atau kepentingan umum (Perot, 1992). Organisasi partai politik kadang-kadang bertindak dengan lantang untuk dan atas nama kepentingan rakyat, tetapi dalam kenyataannya di lapangan justru berjuang untuk kepentingan pengurusnya sendiri.
Sumber :

usu.ac.id
 

Zen Copyright © 2015 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos