25 Januari 2014

Pengantar Public Speaking

1.      Pengertian Public Speaking
·        Menurut Webster’s Third New International Dictionary, tercantum pengertian Public Speaking adalah:
a. The act of process of making speeches in public (proses pembuatan pidato di depan publik)
b. The art of science of effective oral communication with an audience (seni dari ilmu berkomunikasi lisan yang efektif dengan para pendengarnya).
·         Menurut Ys. Gunadi dalam Himpunan Istilah Komunikasi: Public Speaking adalah sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan secara lisan tentang suatu hal atau topik di hadapan banyak orang. 
·         Menurut Onong Uchjana Effendy, dalam Hubungan Masyarakat-Suatu Studi Komunikologis, “Pidato, dalam pengertian sempit adalah seni berbicara di depan umum atau public. Pidato tidak hanya merupakan paparan informatif yang berisi keterangan atau penjelasan, tapi persuasif, yakni mengandung ajakan atau bujukan sehingga para hadirin tergerak hatinya untuk melaksanakannya”.
·         Menurut David Zarefsky, dalam Public Speaking Strategic for Success; “Public speaking is a continous communication process in which messages and signals circulate back and forth between speaker and listeners.” Yang dapat diartikan: Public Speaking adalah sebuah proses komunikasi berkelanjutan, di mana pesan dan lambang terus berinteraksi, di antara pembicara dan para pendengarnya.

2.       Mengapa orang selalu takut pada Public Speaking ?
Karena orang merasa minder, demam panggung, belum menguasai materi pembicaraan, takut salah, kurang pengalaman.

3.       Hambatan-hambatan
Gangguan dari eksternal : suhu tempat, suasana ruangan, kondisi komunikan, media pendukung

Gangguan internal : kondisi kesehatan (fisik), suasana hati, mental
 

Zen Copyright © 2015 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos