4 November 2012

RENCANA MEDIA SEPATU OLAHRAGA “SPORTA”

Sepatu ini disesuaikan dengan iklim Indonesia yaitu tropis dengan penggunan bahan yang nyaman dan terasa dingin bila dipakai. Dikonstruksi dengan menggunakan bahan daur ulang yang dirancang untuk mengurangi berat dan limbah, sehingga tercipta sepatu yang paling ringan yang pernah ada. Ini adalah apa yang menciptakan perasaan tanpa alas kaki.
Ada sisipan lembut, busa tahan lama di bawah kaki depan dan tumit untuk memberikan tingkat bantalan yang  diperlukan. Meski terlihat minimalis dan sederhana, tetapi ada rekayasa khusus untuk mencapai sensasi tanpa alas kaki. Di tengah-tengah skala fleksibilitas di mana 0,0 adalah setara dengan berjalan kaki telanjang dan 10,0 dari sepatu olahraga standar.
Tujuan Komunikasi
  • Memperkenalkan SPORTA kepada masyarakat dengan harapan dapat menambah konsumen.
  • Memberikan informasi kepada orang-orang tentang inovasi dan keunggulan SPORTA.
  •  Melampaui gerakan competitor.
Pengembangan Rencana Strategis
Konsumen mempunyai rentang usia antara 15-29 tahun. Konsumen yang berada pada kisaran lebih besar atau sama dengan 29 tahun dapat menggunakan sepatu ini juga. Melihat besarnya pemasukan dan pengeluaran konsumen, maka dapat di katakan bahwa konsumen condong ke golongan menengah ke atas yang cenderung menggunakan uangnya untuk kebutuhan tersier. Misalnya pemenuhan hobi ataupun gaya hidup sehat.
Aktivitas/Perilaku
  • Usia 15-29 tahun merupakan pengguna internet terbanyak.
  • Konsumen merupakan kategori usia produktif.
  • Konsumen merupakan orang yang memiliki gaya hidup sehat.
  • Konsumen meluangkan waktu untuk berolahraga secara efektif.
  • Konsumen tinggal di kota-kota besar yang harusnya mempermudah mereka untuk mengakses produk.
  • Konsumen menginginkan kenyamanan saat memakai sepatu olahraga.
Dimana (Geografis)
Produk ini akan dilaunching di Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Jogja, Surabaya, dan Denpasar.
Kapan (Timing/Musim)
  •  Launching tanggal 10 November 2012 di 7 kota sekaligus dalam rangka memperingati hari Pahlawan.
  • Launching saat car free day di 7 kota.
  • Mengikuti pameran distro.
Apa (Pemilihan Sarana)
·        Majalah
Hai! : Hai! adalah sebuah majalah yang diterbitkan di seluruh Indonesia. Pembaca majalah Hai! kebanyakan duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) meskipun tidak sedikit yang masih berstatus siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).  Isinya menyangkut segala hal yang berkenaan dengan dunia remaja, mulai dari musik, film, pendidikan, tempat nongkrong, fesyen, teknologi, olahraga, psikologi, pendidikan seks, dan tentu saja cerita pendek. Majalah Hai! menyediakan saluran komunikasi yang lebih luas. Teknologi informasi membuat majalah ini juga hadir dalam bentuk digital. Misalnya lewat situs internet Hai-Online (www.hai-online.com) dan layanan informasi via telepon selular Hai-Mobile (wap.hai-mob.com). Beriklan di majalah yang share nya 50% wanita dan 50% pria, maka akan mengalami keuntungan 100% target audiens.
·        Televisi
RCTI :
Terutama pada slot berita olahraga  hari Minggu antara pukul enam sampai tujuh pagi. Karena pada jam-jam itu kebanyakan orang sedang beristirahat atau berolahraga. Di waktu itulah biasanya sambil menonton tv. Beriklan di saluran televisi yang share nya 50 % usia  aktif dan 50 % usia non-aktif, maka akan mengalami keuntungan 100 % target audiens karena bisa saja membeli karena terpengaruh konsumen non-aktif .
·        Media Berbasis Tempat
Outlet Olahraga :
Asumsinya, masyarakat kita sudah menganggap olahraga sebagai kebutuhan dan mau berinvestasi untuk kebugaran tubuhnya, minimal dengan membeli sepatu olahraga. Sekarang ini banyaknya jumlah gerai sepatu olahraga yang ada di seluruh Indonesia, baik di kota besar maupun kecil. Beriklan di saluran outlet olahraga yang sharenya 100% konsumen yang suka berolahraga, maka akan mengalami keuntungan 100%.
·        Web
Pengguna internet tidak hanya di kota besar, tetapi juga menyebar di kota-kota kecil. Membuka email berbasis web sebesar 59 %, instant messenger 58 %, membuka situs jaringan sosial 58 %, mesin pencari 56 %, dan membuka internet banking hanya 5 %, maka bila beriklan menggunakan media ini akan mengalami keuntungan sekitar 90%.
·        Event/Seminar
Car Free Day :
Sejumlah masyarakat antusias mengikuti car free day, hal tersebut memungkinkan untuk mengadakan segmen tentang sepatu SPORTA. Beriklan menggunakan media ini akan mengalami keuntungan 100% karena konsumen berkumpul pada satu tempat.
 

Zen Copyright © 2015 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos